BERITA

  • WARISAN TERBAIK SANG KHALIFAH

    WARISAN TERBAIK SANG KHALIFAH


    Umar bin Abdul Aziz, hampir semua dari kita pernah mendengar namanya. Beliau adalah seorang yang luar biasa, sosok pemimpin yang hanya memimpin dalam waktu singkat, namun sudah bisa memberikan kesejahteraan penuh bagi masyarakatnya.

    Mengubah keadaan menjadi makmur, adil, dan sejahtera. seorang pemimpin dengan wilayah kekuasaan yang sangat luas, karena ia adalah Amirul Mukminin dari Jajirah Arab, Suriah, Syam, Spanyol sampai dengan Perancis Selatan. Bisa dibayangkan, wilayah tersebut terdiri dari beberapa negara yang sangat luas dan Umar bin Abdul Aziz adalah pemimpinnya.

    Dengan masa kepemimpinan yang cukup singkat, yakni 29 bulan atau lebih kurang 2,5 tahun saja lantas beliau meninggal dunia.

    Coba kita hitung, Umar bin Abdul Aziz dengan luas wilayah kekuasaan yang seperti itu, kalau meninggal kira-kira kekayaan (warisan) yang ia tinggalkan untuk keluarganya sebanyak apa?

    Zaman sekarang, yang menjabat lurah saja, hartanya bisa dibilang cukup banyak, padahal luas wilayah kekuasaan tidak seberapa. Belum lagi Pak Camat, Menteri, hartanya pastilah berlimpah ruah.

    Umar bin Abdul Aziz adalah pemimpin kaum muslimin yang mengepalai lebih dari beberapa negara sekaligus, yang luasnya lebih besar dari Indonesia. Bayangkan!

    Saat menjelang wafatnya, beliau memanggil anak-anaknya yang sebelas orang. Beliau membagi harta warisannya. Yang laki-laki mendapatkan bagian setengah dinar.

    Ya, masing-masing satu anak mendapat bagian sebesar setengah dinar, yang jika dirupiahkan hanya senilai satu juta rupiah.

    Bayangkan seorang Khalifah, presiden, dengan luas wilayah kekuasaan yang luar biasa, saat meninggal dunia, hanya meninggalkan harta warisan satu juta rupiah untuk masing-masing anak laki-laki, dan yang perempuan mendapatkan bagian separuhnya, yakni lima ratus ribu rupiah. Karena dalam Islam, warisan yang didapat wanita memang separuh dari jatah laki-laki.

    Ia adalah sosok pemimpin yang adil dan jujur sehingga rakyatnya makmur luar biasa. Namun ia hidup dalam kesederhanaan yang luar biasa.

    Mari kita simak apa yang dikatakan beliau pada anak-anaknya, "Anak-anakku sekalian, kalau ada yang menjadi hak kalian. Pastilah sudah ayah berikan kepada kalian, tapi kalau yang bukan hak kalian, tidak mungkin ayah berikan kepada kalian.

    Kalau nanti ayah meninggal, kalian hanya memiliki satu pilihan diantara dua pilihan.

    Pertama, kalau kalian rusak. Maka ayah tidak akan membantu kerusakanmu dengan memberikan harta (warisan). Tapi kalau kalian Sholeh, maka tidak perlu khawatir. Karena Allah SWT yang akan menjamin kalian."

    Umar bin Abdul Aziz tidak meninggalkan rekening (gendut) di bank, beliau juga tidak memiliki asuransi bernilai milyaran rupiah. Namun ia meninggalkan anak-anaknya dengan agama dan ketakwaan yang tertanam kuat pada diri masing-masing.

    Dan sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, anak-anak Umar bin Abdul Aziz menjadi orang-orang yang luar biasa, dengan kekayaan melimpahkan dan jelas seratus persen kehalalannya.

    Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi beliau. Dan semoga kita semua dapat mengambil pelajaran daripadanya...

    @asepssuryadi
     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks